PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI Z

Authors

Roesmijati Roesmijati
Sekolah Tinggi Teologi Kingdom Bali

DOI:

https://doi.org/10.62042/jtp.v7i1.111

Pendidikan memegang peranan penting bagi perkembangan karakter generasi muda. Melalui Pendidikan Agama Kristen generasi Z diajarkan nilai-nilai kehidupan yang berlandaskan Alkitab sebagai pondasi utama. Karakteristik generasi Z sangat dekat dengan aktifitas dunia digital. Oleh sebab itu diperlukan strategi khusus dalam pembentukan karakternya. Apabila generasi Z tidak diberikan dasar pegangan iman kekristenan yang kuat maka generasi Z tidak akan mampu menghadapi arus teknologi yang berdampak kurang baik dalam perkembangan karakter mereka.Generasi Z memiliki kelebihan yang menjadi tantangan bagi pendidik Kristen. Pendidikan Agama Kristen harus relevan dengan konteks zaman sehingga dapat menjawab tantangan yang dihadapi dan mampu melakukan strategi pembentukan karakter yang tepat bagi generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur melalui buku-buku, artikel-artikel jurnal online yang terkait dengan generasi Z dan Pendidikan Agama Kristen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter generasi Z dapat dilakukan dengan pendekatan kontekstual, penggunaan teknologi, pendidikan berbasis komunitas dan pendidikan karakter melalui keteladanan. Melalui Pendidikan Agama Kristen generasi Z akan menjadi generasi yang unggul dan berkarakter Kristus.

Bakar, Resekiani Mas, and A. Putri Maharani Usmar. “Growth Mindset Dalam Meningkatkan Mental Health Bagi Generasi Zoomer.” IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Vol.2 No.2 (2022): 123.

Erawati, Dedet. “The Role of Leadership Role Models for Generation Z in Cirebon City.” Journal of Universal Studies Vol.4 No.2 (2024): 530–37.

Erniwati, Gea, Anwar Three Millenium Waruwu, Martina Novalina, and Ampinia Rahap Wanyi Rohy. “Peran Gereja Dalam Membentuk Karakter Remaja Kristen Di Era Kontemporer.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen Vol. 4 No. (2023): 133–48.

Geny, Wulur Hersen, and Herman Titting. “Relevansi Gereja: Mendorong Pertumbuhan Spiritualitas Generasi Z Di Tengah Budaya Individualisme.” JURNAL APOKALUPSIS Vol.15 No. (2024): 69–87.

Hasugian, Delima Hot Marito, and Ordekoria Saragih. “Tantangan Dan Solusi Dalam Pembentukan Karakter Pendidikan Agama Kristen Anak Di Era Digita.” Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Katolik Vol.3 No.1 (2025): 141–55.

Hia, Lurusman Jaya. “Strategi Pelayanan Misi Gereja Di Era Digital Dan Integrasi Terhadap Generasi Zillenial.” Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja Vol.3 No.2 (2023): 187–98.

Imelda, Luki, and Yusup Rogo Yuono. “Peran Orang Tua Dan Pemimpin Rohani Bagi Pertumbuhan Iman Generasi Z Di Gereja Jemaat Kristen Indonesia Mahanaim Blitar.” Damai: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Dan Filsafat Vol.1 No.4 (2024): 01–13.

Kristyowati, Yuli. “Generasi 'Z" Dan Strategi Melayaninya.” Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani Vol.2 No.1 (2021): 23–34.

Lasut, Shirley, Johny Hardori, Sadrakh Sugiono, Yada Putra Gratia, and Eldad Channel. “Membingkai Kemajemukan Melalui Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika Vol. 4 No. (2021): 211.

Manao, Martin Luther, Mukhlis Manao, Asmat Purba, and Alon Mandimpu Nainggolan. “Spiritualitas Dan Urgensi Pemuridan Bagi Generasi Milenial.” DIDASKALIA: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol.3 No.1 (2022): 14.

Naftaliance, Lewisinki, Fibry Jati Nugroho, and Iskak Sugiyarto. “Tinjauan Terhadap Pelayanan Yang Relevan Oleh Unlimited Fire Youth Conference.” Mathetheou Vol.1 No.1 (2021): 3.

Nurlaila, Cindy, Qurrotul Aini, Sharla Setyawati, and April Laksana. “Dinamika Perilaku Gen Z Sebagai Generasi Internet.” Konsensus: Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi Vol. 1 No. (2024): 96.

Padakari, Seprianus L., and Frengki Korwa. “Spiritualitas Kontekstual: Model Pendidikan Iman Kristen Dalam Menjawab Tantangan Generasi Z.” IMITATIO CHRISTO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen Vol.1 No.1 (2025): 17.

Pelmelay, Ernavina. “Korelasi Antara PAK Keluarga Dengan Pembentukan Karakter Anak.” REI MAI : JURNAL ILMU TEOLOGI DAN PENDIDIKAN KRISTEN Vol.1 No.1 (2023): 31–37.

Prasetyo, Rizki Heri, Masduki Asbari, and Salsabila Amelia Putri. “Mendidik Generasi Z: Tantangan Dan Strategi Di Era Digital.” JISMA: Journal Of Information Systems And Management Vol. 3 No. (2024): 11.

Ratnasari, Desi, Reni Triposa, and Yonatan Alex Arifianto. “Deskripsi Kode Etik Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Perspektif Alkitabiah: Sebagai Keteladan Akademik Dan Karakter Nara Didik.” REAL DIDACHE: Journal Of Christian Education Vol.2 No.2 (2022): 101–12.

Riu, Asrinia Susanti, and Rounauly Marbun. “Alkitab Sebagai Dasar Utama Guru PAK Dalam Mengajar.” SEPAKAT: Jurnal Pastoral Kateketik Vol. 9 No. (2023): 71.

Roesmijati, R. “Teologi Pembebasan Dalam Human TraffickingDitinjau DariManusia Sebagai Gambar Allah Dan Sila Kedua Pancasila.” KINGDOM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen Vol.2 No.2 (2022): 137–47.

Roesmijati, Roesmijati. “Antologi Eksplanatory Didaktik Pendidikan Kristen & Teologi Praktika Di Era Disrupsi: Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital.” In Antologi Eksplanatory Didaktik Pendidikan Kristen & Teologi Praktika Di Era Disrupsi: Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital, 86, 2024.

Rudding, Risdayana, Melda, Femi Yanti Ramme, Delly Itania Ruben, Sriweni Antika Masarrang. “TEKNOLOGI DAN HIDUP KUDUS: Bagaimana Generasi Z Mengintegrasikan Nilai-Nilai Kristen Dalam Era Digital.” JPKL: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal Vol. 5 No. (2025): 20.

Saputra, Yohanes Chandra Kurnia. “Pendidikan Agama Katolik Untuk Generasi Z: Strategi Dan Tantangan Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Agama Katolik (JPAK) Vol. 25 No (2025): 139–56.

Subowo, Adhika Tri. “Membangun Spiritualitas Digital Bagi Generasi Z.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani Vol. 5 No. (2021): 381.

Suwin, Suwin. “Membangun Strategi Misi Kontekstual Bagi Generasi Z: Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” NCCET: Proceeding National Conference of Christian Education and Theology Vol.2 No.2 (2024): 45–57.

Suyatno, Paulus. “Pentingnya Pendidikan Agama Kristen Dalam Gereja Di Era Disrupsi.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial Dan Budaya Vol.5 No.2 (2022): 116–28.

Tetelepta, Hendrik Bernardus, and Joni Manumpak Parulian Gultom. “Kontekstual Sinergisitas Gereja Dan Influencer Rohani Dalam Pembangunan Spiritual Generasi Z.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) Vol. 4 No. (2022): 308–28.

Warnius, Elfin, and Mortan Sibarani Waruwu. “Analisis Visi Misi Guru Pak Dalam Konteks Kurikulum Merdeka Ditinjau Dari Perspektif Filsafat Pendidikan Kristen.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat Vol.1 No.3 (2023): 1–22.

Wulur, Hersen Geny. “Relevansi Gereja: Mendorong Pertumbuhan Spiritualitas Generasi Z Di Tengah Budaya Individualisme.” Apokalupsis Vol. 15 No (2024): 75.

Zaluchu, Sonny Eli. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Jurnal Teologi Berita Hidup Vol. 3 No. (2021): 249.

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

1.
Roesmijati R. PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI Z. j. penggerak [Internet]. 2025 Jun. 30 [cited 2025 Oct. 8];7(1):66-87. Available from: https://jurnal.sttii-bali.ac.id/index.php/JTP/article/view/111

Article Template

Language

Member of

Tools

Statistic

Flag Counter

Keywords