METODE PAILKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan
Abstract
Pembelajaran PAILKEM adalah salah satu Pembelajaran yang
memiliki karakteristik Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif,
dan Menyenangkan. Pembelajaran berbasis PAILKEM membantu
siswa mengembangkan kemampuan berpikir tahap tinggi, berpikir kritis
dan berpikir kreatif (critical dan creative thinking). Berpikir kritis
adalah suatu kecakapan nalar secara teratur, kecakapan sistematis dalam
menilai, memecahkan masalah, membuat keputusan, memberi
keyakinan, menganalisis asumsi dan pencarian ilmiah. Berpikir kreatif
adalah suatu kegiatan mental untuk meningkatkan kemurnian
(originality), ketajaman pemahaman (insight) dalam mengembangkan
sesuatu (generating). Kemampuan memecahkan masalah merupakan
kemampuan berpikir tingkat tinggi. Di era globalisasi sekarang
seharusnya guru dapat mengajar dengan lebih menyenangkan, dan
sudah tidak zamannya guru mengajar jaim, menjaga wibawa,
memperlihatkan performance sedemikian rupa sehingga siswa akan
sangat segan/takut kepadanya, sekarang siswa justru lebih menghargai
kepada guru yang bersahabat, ramah, dan tentu saja akan lebih sangat
dihargai lagi jika guru tersebut cerdas dalam bidangnya dan cerdas
dalam mengelola kelas. Bagaimana caranya guru bisa membuat siswa
tertarik untuk belajar dengannya dan akan ‘rindu’/menanti-nanti
datangnya jam belajar pelajaran itu lagi. Pada dasarnya belajar mengajar
merupakan suatu proses yang rumit karena tidak sekedar menyerap
informasi dari guru, tetapi melibatkan berbagai kegiatan maupun
tindakan yang harus dilakukan, bila menginginkan hasil belajar yang
lebih baik. Belajar pada intinya tertumpu pada kegiatan memberi kemungkinan kepada siswa agar terjadi proses belajar yang efektifsehingga dapat mencapai hasil yang sesuai tujuan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.62042/jtp.v3i1.21
Refbacks
- There are currently no refbacks.