MEMBANGUN KERUKUNAN MELALUI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN: ANALISIS PENDEKATAN MODERASI BERAGAMA DI INDONESIA
Abstract
Studi ini menyelidiki signifikansi Pendidikan Agama Kristen (PAK) sebagai instrumen pembentuk moderasi beragama dalam masyarakat. Berbasis pada nilai-nilai alkitabiah, penelitian ini menyoroti urgensi penyampaian ajaran PAK secara efektif guna membangun pemahaman dan penerapan konsep moderasi beragama. Temuan menunjukkan bahwa inti dari ajaran keagamaan berpusat pada pengembangan sikap saling menghormati di antara pemeluk agama berbeda, yang merupakan landasan vital dalam menciptakan keharmonisan antarumat beragama. Dalam upaya memerangi ekstremisme dan intoleransi, keterlibatan guru dan siswa dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama memainkan peran yang menentukan. Melalui metodologi kualitatif berbasis kajian pustaka, penelitian ini menelaah beragam sumber literatur untuk mengeksplorasi keterkaitan antara PAK dan moderasi beragama, serta mengkaji strategi penerapannya dalam sistem pendidikan kontemporer.
Full Text:
PDFReferences
Adlini, Miza Nina, dkk. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka, Jurnal Pendidikan Edumaspul, Vol.6 No.1 (2022).
Akhmadi, Agus. Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation In Indonesia’s Diversity, Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 13, no. 2. Pebruari - Maret (2019).
Ali, Lukman. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakatarta: Balai Pustaka, 1991).
Ali, Muhammad. "Moderation as a Discourse in Muslim Societies: The Indonesian Case," Journal of Islamic Studies and Culture 4, no. 1 (2016).
Ali-Fauzi, Ihsan. “Religious Tolerance and Pluralism in Indonesia,” in Religious Pluralism, State and Society in Asia, ed. Chiara Formichi and Andrea Furlan (Singapore: Springer, 2013).
Arifin, Syamsul. “Moderation and Radicalism in Indonesia,” in Islam in Indonesia: Contrasting Images and Interpretations, ed. Robert W. Hefner (Jakarta: Equinox Publishing, 2013). Asy’ari, Mohammad. Menyelami Makna Moderasi Beragama Di Indonesia: Kritik Dan Refleksi Atas Praktik Keberagamaan Kontemporer, Spiritualis: Jurnal Pemikiran Islam dan
Tasawuf. Volume 7, nomor 2| September (2021).
Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen (Dari Yohanes Amos Comenius Sampai Perkembangan PAK Di Indonesia), (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997).
Doma, Sabes. Moderasi Beragama Di Media Sosial Dalam Perspektif Teologi Kristen,
Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia. Vol. 4, No. 2 (2023).
Fealy, Greg. "Indonesia's Moderates: In Search of Islamic Context and Content," in Islam in Indonesia: Contrasting Images and Interpretations, ed. Niels Mulder (Amsterdam: Amsterdam University Press, 2013).
Fransiska, Ni Nyoman. Panggilan Misi Melalui Pendidikan Agama Kristen dalam Konteks Kehidupan Moderasi Beragama di Bali. Jurnal Teologi dan Misi Vol. 4, No. 1 (2024).
Hadi, Taufiqul. “Syari’at Islam Dan Semangat Moderasi Beragama Di Aceh,” In Urgensi Pembelajaran Agama Dan Toleransi Beragama, ed. dkk Adi Wijayanto (Tulungagung: Akademia Pustaka, 2024).
Harefa, Julitinus Studi Kritis Terhadap Konsep Suhento Liauw Tentang Keterpisahan Pribadi Tritunggal Secara Lokal. Jurnal Teologi & Pelayanan Kerusso, Vol. 8 No. 1 Maret (2023). Hefner, Robert W. "Civil Society and the Political Imagination in Indonesia," in Remaking Muslim Politics: Pluralism, Contestation, Democratization, ed. Robert W. Hefner (Princeton:
Princeton University Press, 2005).
Herawati, Kristina. Pentingnya Pendidikan Agama Kristen (PAK) Bagi Etiket Pergaulan Anak, Jurnal Scripta Teologi dan Pelayanan Kontekstual, Vol.1, No.2, pp. 1-20, (2016).
Kritianto, Paulus Lilik. Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen, (Yokyakarta: Andi,
.
Mujiburrahman. “Islam and Democracy in Indonesia: Tolerance Without Liberalism,” in
Islam and Democracy in Indonesia: Tolerance Without Liberalism, ed. Jeremy Menchik (Cambridge: Cambridge University Press, 2016).
Naj’ma, Dinar Bela Ayu and Bakri, Syamsul. “Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan,” Academica: Journal of Multidisciplinary Studies5, No. 2 (2021).
Nurlaili. Moderasi Beragama Di Indonesia: Konsep Dasar Dan Pengaruhnya, Moderation: Journal of Religious Harmony, Vol. 1, No.1Juni (2024).
Rusyidiah, Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi: Kajian Islam Dan Keberagaman, Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 1, No. 2, Desember (2020).
Sigalingging, Jamsah dan Raranta, Joice Ester. Peran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Keluarga terhadap Pembentukan Mental, Spiritual, dan Karakter Anak, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 6 Bulan Desember Tahun (2022).
Simanjuntak, Pinondang dan Aritonang, Hanna Dewi. Penerapan Nilai-Nilai Kristiani Dalam Lingkungan Masyarakat Heterogen, Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat Vol. 2, No. 1 Februari (2024).
Simatupang, Ronny. Pentingnya Peranan PAK Dalam Kehidupan Masyarakat Majemuk, Jurnal Riset Rumpun Agama dan Filsafat (JURRAFI) Vol.3, No.1 (April 2024).
Suaedy, Ahmad. “Religious Intolerance in Indonesia: Historical Roots and Contemporary Challenges,” Journal of Indonesian Islam 12, no. 2 (2018).
Wahid, Yenny Zannuba. “Nahdlatul Ulama and the Struggle for Islam Nusantara,” Asian Journal of Social Science 44, no. 6 (2016).
DOI: https://doi.org/10.62042/jtp.v6i2.99
DOI (PDF): https://doi.org/10.62042/jtp.v6i2.99.g95
Refbacks
- There are currently no refbacks.