POLA PENGAJARAN DOKTRIN YANG EFEKTIF BAGI JEMAAT MASA KINI

Pestaria Happy Kristiana

Abstract


Pokok bahasan kali ini adalah “Pola Pengajaran Doktrin
yang Efektif bagi Jemaat Masa kini.” Pola pengajaran yang
dimaksud adalah bagaimana seorang pendidik di dalam gereja
sanggup menciptakan proses belajar mengajar yang efektif bagi
jemaat. Pokok bahasan ini menjadi penting dikarenakan, proses
belajar mengajar di dalam gereja cenderung mengalami stagnasi
atau sesuatu yang tidak menarik. Untuk itulah diperlukan suatu
strategi atau pola yang tepat agar proses belajar mengajar dapat
berjalan dengan baik.
Penentuan suatu pola pengajaran doktrin yang efektif
memerlukan pemahaman yang tepat tentang bagaimana peserta
didik belajar. Karena untuk dapat membentuk pola pengajaran yang
efektif perlu memahami bagaimana orang dewasa belajar serta
meramunya dalam bentuk sebuah proses belajar yang efektif. Dari
pembahasan tersebut didapatkan bahwa untuk menentukan pola
mengajar efektif tentang doktrin bagi orang dewasa adalah:
pengajar memahami secara akurat tentang kebutuhan peserta didik.
Pengajar harus mampu menemukan barbagai kebenaran yang
sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Mengenal Alkitab sebagai
sebuah kebutuhan nyata haruslah menjadi penekanan pada pola
pembelajaran efektif. Akhirnya, orang dewasa membutuhkan ruang
untuk berbagi pengalaman bukan untuk dipenuhi dengan berbagai
ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, pengajar harus bisa
menjembatani antara pengetahuan dan pengalaman dalam proses
belajar dan mengajar yang berlangsung.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.62042/jtp.v4i2.45

DOI (PDF): https://doi.org/10.62042/jtp.v4i2.45.g45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.