PRINSIP MENGAJAR BERBASIS KEBUTUHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN KITAB INJIL
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk memberikan paparan kepada pendidik tentang prinsip mengajar berbasis kebutuhan berdasarkan kitab Injil. Diharapkan dengan melakukan prinsip-prinsip tersebut proses pembelajaran PAK dapat menyentuh kebutuhan dari peserta didik. Penelitian ini penting, mengingat tujuan dari proses pembelajaran PAK adalah perubahan hidup. Namun demikian tujuan tersebut belum dapat tercapai dengan maksimal. Hal ini dikarenakan pribadi dari pendidik yang belum memahami tentang prinsip mengajar yang menyentuh kebutuhan peserta didik. Untuk menemukan prinsip mengajar ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi literatur dan eksposisi dari Kitab Injil tentang prinsip mengajar yang dilakukan Yesus. Ada tiga prinsip mengajar yang dapat menyentuh kebutuhan dari peserta didiknya yaitu prinsip mengajar dengan keteladanan, prinsip mengajar dengan pemuridan dan prinsip mengajar dengan perjumpaan langsung.
Full Text:
PDFReferences
Anggreani, Friskilia Putri Diah, and Andreas Hauw. “Realizing Lausanne’s Holistic Mission in the Context of Poverty in Indonesia.” Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 20, no. 2 (2021): 257–276.
Danim, Sudarwan. Pengembangan Profesi Guru. Prenada Media, 2012.
Darmawan, I, and Putu Ayub. “Jadikanlah Murid: Tugas Pemuridan Gereja Menurut Matius 28: 18-20.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 2 (2019): 144–153.
Dodson, Jonathan K. “Pemuridan Yang Berpusatkan Injil.” Wheaton: Anggota IKAPI (2012).
Douglas, J D. “Ensiklopedi Alkitab Masa Kini Jilid II” (2002).
Guthrie, Donald. “Teologi Perjanjian Baru 1: Allah, Manusia, Kristus.” Terjemahan Lisda Tirtapraja Gamadhi, dkk. Jakarta: BPK Gunung Mulia (2008).
Guthrie, Donald, Alec Motyer, Alan M Stibbs, and Donald J Wiseman. “Tafsiran Alkitab Masa Kini 3: Matius-Wahyu.” Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF (2006).
Hasibuan, Nelson. “Kontekstual Dan Pendidikan Agama Kristen” (2018).
Homrighausen, Elmer George, and Ido Hendricus Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Badan Penerbit Kristen, 1969.
Hussin, Anealka Aziz. “Education 4.0 Made Simple: Ideas for Teaching.” International Journal of Education and Literacy Studies 6, no. 3 (2018): 92–98.
Ismail, Andar. Selamat Mengikut Dia!: 33 Renungan Tentang Kristus. Vol. 5. BPK Gunung Mulia, 2001.
Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip Dan Praktik Pendidikan Agama Kristen: Penuntun Bagi Mahasiswa Teolagi Dan PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama, Dan Keluarga Kristen. Penerbit ANDI, 2006.
Munirah, M. “PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (Perhatian Dan Motivasi, Keaktifan, Keterlibatan Langsung, Pengulangan, Tantangan Dan Perbedaan Individu). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5 (1), 116–125,” 2018.
Nasrulloh, Iman, and Ali Ismail. “Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT.” Jurnal Petik 3, no. 1 (2017): 28–32.
Panuntun, Daniel Fajar, and Eunike Paramita. “Hubungan Pembelajaran Alkitab Terhadap Nilai-Nilai Hidup Berbangsa Dalam Pemuridan Kontekstual (Kelompok Tumbuh Bersama Kontekstual).” Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika 1, no. 2 (2019).
Purwanto, Ani Teguh. “Pengaruh Pengajaran Iman Dan Penderitaan Menurut Filipi 1: 29 Terhadap Pertumbuhan Iman Jemaat Bethany Kristus Sabda Benjeng.” Journal Kerusso 5, no. 1 (2020): 14–19.
Puspitawati, Oktazella Ayu. “Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kebutuhan Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan 3, no. 2 (2017).
Servant, David A. “Pelayanan Pemuridan: Prinsip-Prinsip Alkitabiah Untuk Berbuah Dan Bertumbuh. Np.” Ethnos Press, 2004.
Sianturi, Advent Sri Rizky, and Ely Djulia. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI.” Jurnal Pelita Pendidikan 4, no. 2 (n.d.).
Siburian, Togardo. “Perspektif Kristologis Mengenai ‘Yesus Guru Agung.’” Jurnal Teologi Stulos 16, no. 2 (2018): 179–206.
Sidjabat, B Samuel. Strategi Pendidikan Kristen. PBMR ANDI, 2021.
Sidjabat, Binsen Samuel. “Mengajar Secara Profesional: Mewujudkan Visi Guru Profesional” (2008).
Simanjuntak, Junihot M, Udin Syaefuddin Sa’ud, and Aan Komariah. “Model Pelatihan Berbasis Produk Untuk Meningkatkan Kinerja Penelitian Dan Publikasi Karya Ilmiah.” Jurnal Jaffray 17, no. 1 (2019): 107.
Sutoyo, Daniel. “Yesus Sebagai Guru Agung.” Jurnal Antusias 3, no. 5 (2014): 64–85.
Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Menulis Jurnal Untuk Ilmu Teologi.” Semarang: Golden Gate Publishing (2020).
DOI: https://doi.org/10.62042/jtp.v5i1.73
Refbacks
- There are currently no refbacks.